KEBUTUHAN MANUSIA

Kebutuhan manusia memiliki sifat tidak terbatas. Karena sifatnya yang tidak terbatas, kebutuhan manusia banyak sekali ragamnya.

Kebutuhan diartikan sesuatu hal yang sangat dibutuhkan dan tanpanya, aktivitas hidup kita akan terganggu bahkan mungkin kita tidak dapat hidup, contoh: makan, pakaian, dan tempat tinggal. Manusia tidak dapat hidup tanpa makanan. Manusia tidak punya tempat tinggal, kehidupannya akan terganggu. Apabila kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi, keinginan adalah suatu hal yang kita ingin miliki dan jika tidak berhasil mendapatkannya maka kelangsungan hidup kita sebagai manusia tidak akan terancam. Mengapa kebutuhan dan keinginan manusia selalu bertambah? Karena:

  • Ada kebutuhan yang akan selalu muncul secara berulang-ulang seperti kebutuhan makanan, bahan bakar, dan lain-lain.
  • Kecenderungan manusia untuk selalu ingin hal yang lain.
  • Semakin bertambahnya populasi maka permintaan akan kebutuhan dan keinginan juga bertambah
  • Semaraknya  iklan  sehingga  mampu  membuat orang  menginginkan  barang-barang  yang  kurang diperlukan.
  • Sikap hidup materialisme (menganggap tinggi harta benda) sebagai gaya hidup oleh sebagian orang.

 

Macam-macam Kebutuhan

Kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kebutuhan menurut tingkat kepentingannya kebutuhan menurut waktunya, dan kebutuhan menurut sifatnya.

 

Kebutuhan menurut Intensitas Kegunaan atau Tingkat Kepentingannya

Kebutuhan menurut tingkat kepentingannya dapat dibedakan menjadi:

Kebutuhan Mutlak

Kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan, antara lain: makan, minum, dan udara. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia akan mati.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yang menginginkan hidup layak merupakan kebutuhan primer. Kata primer berasal dari bahasa Latin Primus yang berarti pertama. Tingkatnya setelah kebutuhan mutlak dan sebelum kebutuhan sekunder. Jadi, kebutuhan primer adalah kebutuhan utama setelah kebutuhan mutlak dan sebelum kebutuhan sekunder. Kebutuhan primer antara lain: makanan, minuman, pakaian, perumahan, pendidikan, kesehatan.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuahan sekunder timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya, misalnya mobil bagi orang yang berpenghasilan tinggi adalah kebutuhan sekunder tetapi bagi orang yang berpenghasilan rendah mobil merupakan barang mewah.

Kebutuhan Tersier

Tingkat   pemenuhan   kebutuhan   tersier  setelah   kebutuhan   primer  dan   sekunder  terpenuhi. Kebutuhan tersier berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya. Kebutuhan ini mengarah kepada barang-barang mewah seperti berlian, kapal pesiar, rumah mewah dan sebagainya yang ; ditujukan untuk menunjukkan status sosial atau prestise seseorang di mata masyarakat.

 

Kebutuhan menurut Waktunya

Menurut waktunya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi dua yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.

Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang ialah kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat itu juga. Contoh: seseorang yang sedang kelaparan membutuhkan makan, seseorang sedang kehausan membutuhkan minum, seseorang sedang sakit keras membutuhkan obat, dan pakaian seseorang compang-camping atau kumal membutuhkan pakaian baru, dan Iain-lain.

Kebutuhan yang Akan Datang

Kebutuhan yang akan datang tidak harus dipenuhi sekarang dapat dipenuhi kapan saja. Contoh: menabung, membeli payung di musim panas, dan sebagainya.

 

Kebutuhan menurut Sifatnya

Menurut sifatnya kebutuhan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan untuk memenuhi kepentingan jasmani atau fisik yaitu menjaga penampilan dan kesehatan, misalnya dengan olahraga, makanan dan minuman yang sehat, beristirahat yang cukup, perhiasan, dan sebagainya.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani ialah kebutuhan untuk memenuhi kepentingan rohani, misalnya hiburan, kesenian, buku pengetahuan, dan ibadah

 

Kebutuhan menurut Subjeknya

Kebutuhan menurut subjeknya, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

Kebutuhan individu

Kebutuhan individu berbeda antara orang yang satu dengan orang lainnya. Contoh: seorang sekretaris membutuhkan alat tulis, komputer, dan lainnya, sedang seorang petani membutuhkan cangkul, sabit, dan lainnya.

Kebutuhan Kolektif .

Kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Misalnya: jalan, jembatan, rumah sakit, dan lainnya.

 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA

Kebutuhan setiap manusia selalu tidak sama satu dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai perbedaan sifat, situasi, kondisi, maupun selera yang terdapat pada masing-masing manusia masyarakat, maupun negara. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia antara lain:

Kondisi alam

Perbedaan kondisi alam yang terdapat di berbagai daerah atau wilayah menyebabkan kebutuhat masyarakatnya juga berbeda. Kebutuhan masyarakat yang tinggal di daerah tropis lebih senang; mengenakan pakaian tipis dan terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat, berbeda dengai kebutuhan orang yang tinggal di daerah yang memiliki berbagai macam musim, misal Eropa dai Jepang lebih membutuhkan pakaian tebal dan berbulu untuk menghadapi musim dingin.

Peradaban

Kebutuhan manusia meningkat seiring dengan meningkatnya peradaban. Di zaman purba, manusia; hanya membutuhkan makan, minum, tempat tinggal, dan pakaian. Agar terpenuhi kebutuhannys mereka mencari makanan dengan cara berburu dan mengumpulkan bahan makanan serta berteduh di gua. Sekarang manusia terus berkreasi menciptakan teknologi baru yang dahulu mungkin tidak terbayangkan.

Agama dan kepercayaan

Perbedaan agama menimbulkan perbedaan kebutuhan. Contoh: agama Islam melarang umatnya makan babi, sedangkan umat Hindu tidak akan makan daging sapi.

Adat istiadat

Perbedaan adat istiadat menimbulkan pola perilaku dan kebiasaan yang berbeda sehingga muncul berbagai macam kebutuhan, sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang bersangkutan. Misa perayaan Halloween akan membuat labu laku keras, Valentine’s day jumlah penjualan coklat melonjak.

Kebangsaan dan budaya

Faktor kebangsaan sangat mempengaruhi kebutuhan manusia. Hal ini disebabkan karena adany pengaruh adat istiadat (kebiasaan/budaya).

Contoh: orang-orang di Asia lebih banyak yang tergantung pada beras dibandingkan dengan oranc orang di Eropa/Amerika yang lebih banyak memerlukan terigu dan kentang.

Pendidikan

Pendidikan seseorang akan mempengaruhi keragaman kebutuhan seseorang. Orang yang hanya berpendidikan rendah jarang memikirkan hal-hal yang di luar kemampuannya (di luar daya nalarnya), sedangkan orang yang berpendidikan lebih tinggi cenderung untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan daya nalar yang dimilikinya karena pengaruh dari tingkat/macam pendidikannya. Contoh: dalam salah satu aktivitas mengisi waktu luangnya seorang lulusan perguruan tinggi lebi banyak menginginkan buku-buku bacaan daripada seorang.lulusan sekolah dasar.

Pekerjaan

Jenis pekerjaan seringkali dapat mempengaruhi keanekaragaman kebutuhan manusia. Sekaligt perbedaan keperluan rumah tangganya. Contoh: tukang .becak, sopir bus jarang memerluka pakaian lengkap dasi dibandingkan pegawai/pekerja di kantor.

Penghasilan yang diperoleh

Besar kecilnya penghasilan seseorang akan berpengaruh terhadap keanekaragaman kebutuhan dan pola konsumsinya. Jika penghasilan yang diperoleh kecil, maka konsumsinya kecil tetapi jik penghasilannya besar, kemungkinan pola konsumsinya lebih besar.

Umur

Umur seseorang sudah tentu banyak mempengaruhi kebutuhannya. Contoh: orang dewasa selain membutuhkan makanan juga hiburan, sedangkan anak-anak selain makanan, hiburan mungkin juga mainan.

 

UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN

Dalam memperoleh berbagai alat pemuas kebutuhan ada yang diperoleh dengan upayanya sendiri diupayakan sendiri dengan bantuan pihak lain atau harus diperoleh dari pihak lain karena berbagai  keterbatasan kemampuan untuk menyediakan sendiri.

About these ads

21 responses to this post.

  1. mksih ya… bntu tgas nehhh =))

    Reply

  2. Thank’s Buat Materinya. mudah mudahan saya di beri kemudahan pada saat saya ulangan. AMIN.
    Dan mudah mudahan ilmu Anda bermanfaat. Amin

    Reply

  3. Posted by Artur xavier on 20 April 2013 at 08.56

    Smoga materi ini brmanfat bg khidpanku…krn hdp slalu mmnuhi kebthan sehari2…dan jadikan materi persentsi di kls.TLS

    Reply

  4. Makasihh atas Materinya

    Reply

  5. Posted by gilang cahyani on 23 September 2013 at 10.28

    Apa alasan keinginan dan kebutuhan manusia selalu bertambah ?

    Reply

    • Sebenarnya, dengan terpenuhinya kebutuhan primer, manusia sudah bisa hidup. Tapi kebutuhan akan aktualisasi diri, eksistensi diri, menjadikan manusia memiliki kebutuhan2 lain / sekunder. Jika keinginan dan kebutuhan manusia selalu bertambah, itu sangat manusiawi. Karena sebelum tutup usia, manusia tidak akan luput dari rasa ingin dan butuh. :-D (nyambung gak ya, hehe….)

      Reply

  6. thanks atas informasinya

    Reply

  7. mantap… thanks ya

    Reply

  8. Wah makasih ya atas info nya. Bermanfaat banget. Saya akhirnya bisa nemuin jawaban ini soalnya di buku ga ada sih :(
    Makasih! Bermanfaat banget euy :)

    Reply

  9. Posted by raster on 27 November 2013 at 09.51

    membantu sekali, thank you

    Reply

  10. Posted by inne solihat on 15 January 2014 at 04.16

    makasih

    Reply

  11. Posted by renaldi rasta bigarli on 16 January 2014 at 04.20

    makasih ya membantu banget :)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

yusufrina

CARPE DIEM !

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: