IJAZAH INSTAN

Oleh AGIL PRANUTIANINGRUM

 

Bisnis yang menguntungkan tentu saja sangat diminati banyak orang, namun bila yang dimaksud adalah bisnis ijazah pastilah ini mengotori dunia pendidikan sekaligus arti dari pendidikan itu sendiri. Dan ironisnya yang menjadi pelaku bisnis memalukan ini bukan orang biasa namun orang luar biasa seperti adek-adek mahasiswa, Pak Camat, Pak Bupati atau Bapak, Ibu terhormat lainnya. Hal ini membuktikan bahwa nilai ilmiah sudah dijajah dan dikuasai oleh nilai ekonomi. Biasanya mereka punya motivasi yang berbeda tergantung kepentingannya. Adek-adek mahasiswa yang malas biasanya untuk melamar Capeg, Pak Guru termotivasi oleh naik jabatan dan gaji, apalagi penerapan sertifikasi guru yang menjadikan gaji bertambah dua kali lipat menggiurkan mereka. Sedangkan Pak Pejabat digunakan sebagai gagah-gagahan dan agar cepat naik pangkat.

Masalah ijazah instant ini tentu saja membawa dampak yang sangat besar. Bila diperhatikan bagi dunia pendidikan tentu saja hal tersebut mencoreng nama baik pendidikan, munculnya tambahan gelar tanpa adanya kerja keras. Sedangkan bagi kualitas pendidikan akan berdampak pada keadaan pendidikan masa mendatang semakin terpuruk, dan adanya krisis kepercayaan terhadap pendidikan. Bagi perkuliahan regular pun menjadi semakin lesu karena adanya anggapan ada yang lebih mudah.

Masalah ini bukan masalah sepele dan baru, namun kenyataannya belum ada penanganan khusus. Ijazah instant ini termasuk tindak pidana, ini dapat dilihat pada 264 KUHP. Pasal 264 KUHP disebutkan:

  • Pemalsuan surat diancam dengan pidana penjara paling lama delapan tahun, bila dilakukan terhadap:
  1. akta-akta otentik;
  2. surat utang atau sertifikat utang dari suatu negara atau bagiannya ataupun dari suatu lembaga umum;
  3. surat sero atau utang atau sertifikat sero atau utang dari suatu perkumpulan, yayasan, perseroan atau maskapai;
  4. talon, tanda bukti dividen atau bunga dari salah satu surat yang diterangkan dalam huruf (b) dan huruf (c), atau tanda bukti yang dikeluarkan sebagai pengganti surat-surat itu;
  5. surat kredit atau surat dagang yang disediakan untuk diedarkan.
  • Diancam dengan pidana yang sama barangsiapa dengan sengaja memakai surat tersebut dalam ayat (1), yang isinya tidak asli atau yang dipalsukan seolah olah benar dan tidak dipalsukan, bila pemalsuan surat itu dapat menimbulkan kerugian.

 

Dan yang harus ditindak adalah mereka si penandatangan ijazah yaitu rektor, dekan dan semua orang yang turut melakukan atau membantu melakukan perbuatan pidana itu. Sedangkan orang membantu melaksanakan perbuatan pidana, ancaman hukumannya dikurangi sepertiganya, berdasar pasal 55-57 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana). Selanjutnya untuk menindaklanjuti kasus ini Dinas Pendidikan harus membuat panitia khusus kemudian bekerja sama dengan pihak kepolisian. Hukum yang diberlakukan agar pelakunya jera diantaranya memberikan sanksi berupa denda serta hukuman penjara, atau bila dimungkinkan dipecat dari pekerjaannya.

Jika mencontoh alur barang dari produsen, distributor selanjutnya konsumen, maka cara yang tepat untuk menghentikan ijazah instan adalah memutus alur tersebut. Namun yang paling efektif adalah memutus alur produsennya, dengan cara ijin pemerintah harus semakin ketat maka hal tersebut akan lebih cepat terhenti dari pada memutus alur distributor atau konsumen. Produsen yang dimaksud adalah universitas yang memungkinkan membuat ijazah instan. Kesadaran dan partisipasi kita terhadap pendidikan dan akan membantu terlaksananya pendidikan yang bermutu dan berkompeten.

 

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

GIRL IN THE POT

Walk . Write . Whatever

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: