MENCARI SPIRIT YANG HILANG

  • Kalau ngaji jangan cuma hari besar Islam doang, yang rutin tiap pekan!
  • Buanglah rasa takut didalam dada kalian. Meski dalam keadaan sempit dan sedih. Allah dan malaikat-Nya akan menolong kita dengan jalan/cara yang tidak terduga.
  • Seribu langkah kau tapaki, pelosok negeri kau sambangi, tanpa kenal lelah jemu, sampaikan firman Tuhanmu. Terik matahari tak surutkan langkahmu, deru hujan badai, tak lunturkan asamu. Raga kan terluka, tak jerikan nyalimu. Fatamorgana dunia tak silaukan pandangmu. (For Nabiyullah, Muhammad SAW).
  • Allah memberikan ganjaran yang sebesar-besarnya dan derajat yang setinggi-tingginya bagi mereka yang sabar dan lulus dalam ujian kehidupan di jalan dakwah.
  • Jika ujian, cobaan yang diberikan Allah hanya yang mudah-mudah saja, tentu kita tidak akan memperoleh ganjaran yang hebat. Disitulah letak hikmahnya, yakni bagi seorang da’i harus sungguh-sungguh dan sabar dalam meniti jalan dakwah ini. Perjuangan ini tidak bisa dijalani dengan ketidaksungguhan, azam yang lemah dan pengorbanan yang sedikit.
  • Seonggok kemanusiaan terkapar, siapa yang mengaku bertanggung jawab. Bila semua pihak menghindar. Biarlah saya yang menanggungnya. Semua atau sebagainya. Saya harus mengambil alih tanggung jawab ini dengan kesedihan yang sungguh, seperti saya menangisinya saat pertama kali menginjakkan kaki di mata air peradaban modern ini.
  • Saudaraku, aku tak bisa mengatakan dengan pasti apa yang sedang kau jalani sekarang. Kau lebih tahu. Mata orang semua tertuju pada keluarga kita. Keluarga yang pernah menjadi titik pandang orang banyak. Satu hal yang harus kau pahami. Kita hidup tidak sendirian di dunia ini. Ada peraturan yang mengikat, yang bila dilanggar mungkin akan terasa akibatnya sekarang. Baik berupa kerugian kehormatan, kesakitan, kesehatan, apalagi yang bernilai dan sebagainya. Marilah kita menarik pelajaran dari masa lalu, menarik manfaat, mensyukuri kenyataan baiknya dan menghindari kenyataan buruknya agar tak terulang lagi. Saya yakin betapapun jauhnya kita selama ini namun kau tentu tidak menutup diri untuk menerima satu dua patah kata dariku sebagai tanda bahwa saya masih punya hati untuk memahami dan menghayati masalah/perasaan orang lain. Maafkan daku atas segala kealpaan. Terimalah kebenaran dari manapun datangnya. Terima kasih.
  • Diantara sekian jenis kemiskinan, yang paling memperihatinkan adalah kemiskinan azam dan tekat. Bukan kemiskinan harta. Kemiskinan azam akan membawa kepada kebangkrutan dan kesedihan. Azam dan kemauan yang kuat kelak akan membuat kita berilmu dan kaya. Tidak mungkin seseorang bisa keluar dari kejahilian dan memperoleh derajat yang tinggi disisi Allah tanpa tekat, kemauan dan keikhlasan.
  • Buku itu gudang ilmu, semakin banyak yang kita baca, semakin banyak yang kita dapat.
  • Siapakah yang patut disebut teroris? Apakah yang membela diri karena diserang? Atau orang yang menyerang karena ingin menghancurkan?
  • Kalau Islam ingin tetap tegak di muka bumi ini, nggak ada kata lain, rapatkan barisan berjamaah. Satu batang lidi kalau sendirian nggak bisa berbuat apa-apa. Tetapi kalau satu ikatan, kotoran mana yang nggak bisa disapu?
  • Dakwah berkembang di tangan orang-orang yang memiliki militansi, semangat juang yang tak pernah pudar. Ajaran yang mereka bawa bertahan melebihi usia mereka. Boleh jadi usia mereka/para mujahid pembawa misi dakwah tidaklah panjang, tapi cita-cita, semangat dan ajaran yang mereka bawa, tetap hidup sepeninggal mereka. Apa artinya usia panjang namun tanpa isi. Sehingga kita kelak hanya akan diingat oleh tiga baris kata yang dipahatkan pada nisan kita.
  • Kita harus bergerak, kitalah yang membangkitkan kesadaran umat untuk kembali kepada as-sholat dakwah ini. Siapalah yang merubahnya bukanlah orang-orang yang berdiri di pinggir dakwah, orang yang hidup dalam dakwah ini yang mempergunakan dakwah ini yang mengharapkan uang dari dakwah ini. Tidak! Semangat pemuda, mulai dari mana? Bangkitkan semangatmu. Jadilah agen perubahan. Kembalikan tiang-tiang dakwah ini. Kamu berlarilah keseluruh dunia untuk mengabarkan dakwah ini, untuk membangkitkan dakwah ini!
  • Kader yang tulus dan bersemangat tinggi pasti akan memiliki wawasan berfikir yang luas dan mulia. Manusia yang memiliki akal pasti bisa mengerti tentang berharganya cincin berlian. Tapi anjing yang ada didekat cincin berlian tidak akan pernah bisa mengapresiasi cincin berlian. Dia akan berlari mengejar tulang lalu mencari tempat untuk memuaskan kerakusannya.
  • Berapa banyak orang menguasai ilmu, sehingga dikenal dengan ilmuwan, ulama, atau da’i namun kehilangan potensi hati nurani. Mereka yang hanya mengejar dunia, yang memiskinkan rakyat, yang menguras kekayaan bangsa untuk kepentingan sendiri adalah anjing yang tercebur ke telaga bening karena kebodohannya menerkam bayangan dirinya sendiri.
  • Fani Afnan Jannati (Setangkai Dahan di Surga)
  • Kalau hanya berdakwah, kita memang bisa. Tapi apakah kita bisa cinta dengan dakwah. Cinta itu butuh pengorbanan, waktu, tenaga dan harta. Allah telah menggiring kita kepada keimanan dan dakwah saja merupakan suatu kebahagiaan besar. Apa pantas kita berharap imbalan yang lebih dari itu. Apalagi yang berupa jabatan, kesenangan atau kemewahan.
  • Ada jutaan tipu daya yang mengepung kita. Musuh bukanlah yang bersenjata misili tapi bisa jadi diri sendiri. Kebahagiaan sejati akan diperoleh manusia bila ia tidak bertumpu pada suatu yang fana dan rapuh. Dan sebaliknya justru berorientasi pada keabadian.
  • Setiap orang ada cobaan, obatnya adalah kesabaran, keikhlasan dan kembali pada Allah. Berikan sabar diatas sabar kepada Allah SWT, Allah akan segera mendatangkan jalan keluarnya.
  • Banyak orang yang sedikit beramal, tetapi disebut-sebutnya banyak sekali. Merendahlah, engkau akan seperti bintang gemintang, berkilau dipandang orang diatas riak air dan sang bintang pun jauh tinggi. Janganlah seperti asap, yang mengangkat diri tinggi ke langit, padahal dirinya rendah, hina.

 

(By : Ust. Rachmat Abdullah,1953-2005)

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

GIRL IN THE POT

Walk . Write . Whatever

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: