7 DEADLY SINS

(diterjemahkan bebas dari berbagai sumber)

 index

GREED (Keserakahan)

Keserakahan adalah keinginan kuat untuk memiliki kekayaan, barang, atau benda-benda yang sifatnya duniawi dengan maksud untuk menyimpannya bagi diri sendiri, jauh melampaui dari kebutuhan dasar atau kenyamanannya.
ENVY (Iri Hati)

Bertrand Russell berkata, iri hati adalah salah satu penyebab terbesar ketidakbahagiaan. Tak hanya karena orang tersebut jadi tidak bahagia karena iri hati, tetapi juga orang yang iri hati punya kecenderungan membuat orang lain ikut menderita bersamanya. Pride (Kesombongan) sering disalahartikan sebagai iri hati.
SLOTH (Kemalasan)

Kemalasan digambarkan sebagai sikap apatis, mengabaikan keadaan di sekeliling, dan menjadi tidak aktif secara fisik maupun emosional. Kemalasan bisa juga disebabkan oleh kurangnya kesadaran memaksimalkan potensi diri, tempat, benda, atau keterampilan yang dia miliki.
WRATH (Kemarahan)

Kemarahan kerap merupakan awal dari masalah dengan sesama manusia. Ketidaksabaran atau pikiran negatif akan kekurangan orang lain menyebabkan emosi meluap-luap yang menyulut kemarahan.
PRIDE (Kesombongan)

Sifat sombong membuat kita selalu merasa kompetitif. Kecenderungan tak bisa melihat orang lain lebih unggul daripada kita adalah gejala dasar dosa yang satu ini.
GLUTTONY (Kerakusan)

Kerakusan bisa diterjemahkan sebagai kecenderungan menikmati dan mengkonsumsi makanan, minuman, atau kemewahan secara berlebihan. Beberapa ada yang menerjemahkan ini sebagai kecenderungan ‘needy’, yaitu kebutuhan untuk terus-terusan diperhatikan dan dimanjakan.

 

LUST (Nafsu)

Nafsu adalah emosi atau perasaan berupa keinginan kuat dari dalam tubuh. Bisa jadi dalam bentuk nafsu akan pengetahuan, nafsu atas kebutuhan seksual, auat nafsu akan kekuasaan. Nafsu adalah kekuatan psikologis yang menghasilkan keinginan intens pada suatu hal, atau pada sebuah keadaan yang dianggap memuaskan emosi tertentu. Nafsu juga kerap disamakan dengan gairah (passion).

 

Tokoh-tokoh Di Spongebob Squarepants Mewakili 7 Deadly Sins?!

(diterjemahkan bebas dari www.omgfacts.com)

 

Pengakuan mengejutkan ini muncul di audio commentary yang disertakan dalam episode ‘Plankton!’ di DVD boxset Spongebob Squarepants season pertama. Tak ada penjelasan spesifik dosa mana diwakili oleh tokoh siapa, tapi sebagai penggemar berat Spongebob Squarepants, pasti langsung tahu dong karakter-karakter yang dimaksud:

 

  1. GREED/Keserakahan (Mr. Krabs)—di antara semua ‘dosa’ dia adalah karakter yang paling jelas untuk jadi perbandingan. Ketamakan tokoh bernama lengkap Eugene Krabs ini terlihat jelas hampir di seluruh episode. Dia selalu memikirkan cara menghasilkan keuntungan dari teman-temannya, atau menempatkan mereka di situasi berbahaya. Di salah satu episode, Mr. Krabs bahkan menyanyikan sebuah lagu ‘If I Could Talk to Money’. Dan tahu nggak, ada halaman wiki khusus yang berisi semua rencana serakah karakter ini.
  2. ENVY/Iri Hati (Plankton)—Bayangkan seluruh kekayaan dan keberuntungan yang dimiliki Mr. Krabs—bandingkan dengan semua kesialan dan kegagalan demi kegagalan yang dialami saingannya, Sheldon Plankton. Plankton memiliki sebuah restoran yang berjuang keras untuk tetap buka bernama The Chum Bucket dan selalu berambisi suatu hari bisa menyaingi kesuksesan pesaingnya. Tujuan hidup utamanya adalah mencuri formula Krabby Patty dan membuat Mr. Krabs gulung tikar.
  3. SLOTH/Kemalasan (Patrick)—karakter ini jelas-jelas hidup di bawah batu, apanya yang kurang jelas? Bahkan, jika kamu menganggap itu saja tidak cukup, tonton episode ‘Big Pink Loser’ yang menceritakan Patrick mendapat penghargaan sebagai yang ‘melakukan apa pun lebih lama daripada orang lain’. Tahu apa yang dia lakukan setelahnya? Kembali ke bawah batu untuk melindungi gelarnya.
  4. PRIDE/Kesombongan (Sandy)—Sandy Cheeks adalah seekor tupai yang bangga sekali dengan semua sejarah Texas di dalam dirinya. Bahkan, di salah satu episode, kesombongan itu membuatnya hampir pindah kembali ke daratan. Sandy benar-benar menikmati statusnya sebagai satu-satunya makhluk darat yang bisa tinggal di Bikini Bottom, dikelilingi ikan-ikan amisnya. Meskipun pada dasarnya tokoh ini baik hati, Sandy gampang sekali terpicu di saat muncul godaan untuk menyombongkan kebesaran kota asalnya, atau memamerkan kemampuan atletisnya dalam pertandingan karakte atau kontes angkat besi.
  5. WRATH/Kemarahan (Squidward)—Squidward Tentacles tak ragu lagi adalah karakter yang paling banyak mengekspresikan pandangan negatif tentang hidup, entah itu adalah kebenciannya bekerja di Krusty Krab, atau perasaan hinanya pada dua tetangga yang menyebalkan di kiri-kanan rumah. Dia juga selalu menolak mengakui kekurangan dirinya. Dia juga memperlihatkan penyangkalan diri ini dalam humor saskastik dan perasaan kecewanya yang berlebihan terhadap masyarakat yang nggak menghargai kreativitas dan, euh, ‘keahlian’ bermain klarinetnya.
  6. GLUTTONY/Kerakusan (Gary)—Di antara semua karakter, ini yang paling sulit dideteksi. Yang sering menonton episode Spongebob Squarepants pasti sering mendengar lelucon tentang Spongebob yang harus selalu mengingat memberi makan keong peliharaannya itu. Jujur saja, Gary tidak banyak melakukan apa pun selain makan dan mengeong, dan mengeong pun karena dia merasa lapar. Di saat Spongebob lupa memberi makan peliharaannya, Gary memakan bagian dari sofanya. Di episode lain, Gary pernah lari dari rumah karena Spongebob lupa memberinya makan. Di kesempatan lain, ketika Spongebob amnesia, Gary makan persediaan makanan selama setahun dan jadi obese berat. Nggak perlu diragukan lagi, saat dibiarkan sendirian, Gary pasti memilih untuk makan.
  7. LUST/Nafsu (Spongebob)—analogi terakhir ini mungkin akan sulit untuk diterima mengingat kecenderungan kita menghubungkan ‘nafsu’ dengan artian seksual. Definisi alternatif nafsu adalah passion: ‘keinginan penuh gairah akan sesuatu’. Teman kuning kita ini jelas adalah karakter yang dipenuhi passion. Spongebob memiliki nafsu untuk hidup tak tertandingi oleh sebagian besar karakter kartun lainnya: dia merindukan kasih sayang dari lawan maupun kawan, selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain, dan tak akan berhenti sampai bisa menyelesaikan tugas.

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

GIRL IN THE POT

Walk . Write . Whatever

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: