Jahe, Pertolongan Pertama Untuk Sakit Tenggorokan dan Flu

index2

Oleh Agustina Rasyida | TRIBUNnews.com

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Bahkan banyak pengobatan rumah menggunakan jahe, karena mudah dan efektif.

Penggunaan jahe juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan. Jika kita membutuhkan obat untuk flu, demam, masalah pencernaan, dan sakit tenggorokan, tak ada salahnya mencoba pengobatan ini di rumah.

1.        Teh jahe untuk sakit tenggorokan

Jika tenggorokan kita terasa kering, gatal dan sakit untuk sementara waktu, maka teh jahe adalah minuman terbaik untuk menghindari infeksi tenggorokan. Campuran teh dan jahe parut sangat membantu menenangkan sakit tenggorokan, serta mengurangi sakit kepala.

2.        Jahe dan madu

Resep lain yang efektif untuk flu adalah jahe dan madu. Cara membuatnya cukup mudah, ambil sepotong jahe, kunyah dengan sesendok madu. Resep ini akan membantu meredakan batuk dan flu. Bahkan, resep ini solusi cepat untuk batuk.

3.        Satu ruas jahe mentah

Jika kita merasa mual, kita dapat memotong seruas jahe mentah, lalu kunyah. Ini akan mengubah rasa mulut dan membuat kita sedikit nyaman. Kita juga dapat menyimpan sepotong jahe di mulut kita, seperti permen, setelah muntah. Dan ini membantu kita merasa lebih baik.

4.        Jus jahe

Pengobatan jahe juga sangat baik untuk pencernaan. Caranya, kita dapat membuat dari satu sendok sari jahe, dengan sedikit merica atau ajwain setelah makan. Resep ini dapat membantu masalah pencernaan dalam mencerna makanan, terutama jika kita sudah makan makanan berat atau makan terlalu banyak.

5.        Jahe dengan air hangat

Apakah kita cukup kuat mengatasi masalah perut saat menstruasi? Biasanya perempuan menderita kram saat menstruasi. Hal ini sangat menyakitkan dan mengganggu kehidupan normal kita. Untuk mengatasinya, rebus satu ruas jahe ke dalam air selama 15 menit. Kemudian minum ketika masih hangat. Minuman yang bersifat antiseptik ini berkhasiat membantu untuk meringankan kram menstruasi.

6.        Pasta jahe

Jahe sangat potensial sebagai anti-inflamasi. Jika kita memiliki penyakit yang menyakitkan seperti arthritis, maka pengobatan rumah berupa jahe, kemungkinan sangat efektif bagi kita. Buatlah pasta dari jahe dan kunyit mentah. Oleskan pada sendi yang bengkak atau sakit. Sifat jahe yang anti-inflamasi ini akan membantu meringankan rasa sakit. Berminat mencobanya? Selamat mencoba!

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

GIRL IN THE POT

Walk . Write . Whatever

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: