Pembuatan Izin Usaha untuk Makanan (P-IRT)

By Ismed Ismail Daud

Sumber: http://www.imedpreneur.com/pembuatan-izin-usaha-untuk-makanan-pirt/

 index

Cuma mau sharing aja buat teman teman yang punya usaha kuliner (khususnya di Bekasi). Karena saya usahanya makanan kecil jadi mau expansi untuk mengembangkan usaha
jualannya dengan mendapatkan izin dari DINKES untuk label Coklat Mentari (www.CoklatMentari.com).

Walaupun sekarang ini semua bahan olahannya sudah ada label dari DINKES & Halal MUI di masing-masing produk kemasannya, tapi kami mau dapat label sendiri untuk COKLAT MENTARInya agar label produk kami makin dipercaya oleh masyarakat karena sudah melalui proses pengecekan oleh Dinkes setempat.

P-IRT apa sih? Kepanjangannya Pangan Industri Rumah Tangga, dimana untuk mendapatkan Sertifikat P-IRT tersebut harus melalui proses penyuluhan dari Dinkes setempat yang ditujukan bagi kalangan pengusaha Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) untuk mendapatkan arahan kesehatan pangan yang diproduksi oleh pengusaha pangan tersebut. Syaratnya salah satunya adalah harus punya SIUP.

Akhirnya mulailah bersibuk ria mengurus ijin ijinnya, mulai dari Surat Keterangan
Domisili Usaha (Syarat bikin SIUP) yang di urus di RT->RW->Lurah-> sampe tanda tangan CAMAT.

Biayanya :

–          Surat Pengantar dari RT: Gak bayar (masukin aja ke kas RT)

–          Surat Pengantar dari RW: Gak Bayar (masukin aja ke kas RW)

–          Surat Pengantar dari Lurah: 50 Ribu (Tadinya 100 ribu, tapi nego dengan pengurusnya karena dikira mau minta pinjaman dana ke Bank). Tembusan ke CAMAT: bayar 100 Ribu (ini juga udah di tawar).

Abis itu ngurus izin usaha SIUP di kantor walikota Bekasi tepatnya di BPPT (Balai Pengurusan Perizinan Terpadu), ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan, sempat terlintas mau pake jasa usaha aja tinggal bayar lebih untuk jasanya, cuma karena penasaran dan semangat 45nya untuk mau maju jadi saya urus sendiri. Pas daftar di Front Officenya, Gak neko- neko…..cuma tinggal kasih:

1. Foto copy SKDU dari camat.

2. Foto copy KTP penanggung jawab usaha

3. Materai 2 Lembar (6000)

4. Biaya Administrasi: Rp 250.000,-

Jadinya tinggal tunggu sekitar 5 hari kerja (emang segitu sih kalo baca-baca di
Internet http://www.kotabekasi.go.id tentang urus siup di BPPT).

Nah, abis SIUP jadi tinggal daftar ke DINKES Kota Bekasi (Didepan Grand Mall Bekasi), di sini juga gak banyak neko-neko kok. Tinggal daftar ke bagian pelayanan Makanan&Minuman ambil formulir jangan lupa bawa sample produknya. Biayanya 300 Ribu (ini biaya sudah semua), termasuk bayar penyuluh dan snack untuk pas hari H penyuluhan nanti yang 1 hari penuh dari pagi sampe sore). Cuman, emang di DINKESnya itu yang agak lama karena harus menunggu total 30 pendaftar untuk penyuluhan barengnya, kemaren aja pas daftar urutan 17 pas bulan Februari (kalo gak salah) nunggu sekitar sebulananlah. Nah kalo mau cepet dari proses pendaftaran sampe penyuluhan langsung aja daftar rame rame 30 orang biar bisa langsung dapat penyuluhan.

Nah, pas hari H penyuluhan, itu akan seharian penuh mendapatkan bimbingan dari DINKES dimana materinya kurang lebih tentang cara pengolahan bahan yang baik, penyakit pangan, sanitasi, undang undang & Pengawasan Pangan, dll.

Setelah penyuluhan biasanya akan ada kunjungan lapangan ke tempat usaha, kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung apakah sarana produksi (alat dan mesin, tempat, bahan yang digunakan, bahan pembantu, dll), cara proses pengolahan, dll sudah dilaksanakan dengan baik oleh UKM sesuai dengan prinsip-prinsip keamanan pangan yang telah diperoleh selama penyuluhan. Insyaallah setelah kunjungan & penyuluhan itu baru kita dapatkan surat sertifikat P-IRT dari DINKES.

Sekarang kami sudah mendapatkan sertifikat P-IRT tersebut, hayo para pengusaha makanan (UKM) buruan daftarin usahanya untuk mendapatkan sertifikat P-IRT.

3 responses to this post.

  1. Posted by Hasna on 1 May 2013 at 02.56

    Mari berwirausaha! Untuk mewujudkan perekonomian mandiri…🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

GIRL IN THE POT

Walk . Write . Whatever

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: