The Power of Mimpi

index10

  • Judul Buku             : The Power of Mimpi
  • Pengarang             : Akbar Kaelola
  • Penerjemah             : Kartika Nur (penyunting)
  • Cetakan ke, tahun             : 1, 2011
  • Penerbit             : Buku Pintar
  • Tebal             : 294 halaman
  • Harga             : –
  • Keterangan
  1. Kategori : Non Fiksi
  2. Call number : 153.8 Kae p
  3. ISBN/ISSN : 978 602 8931 08 3
  4. Bahasa : Indonesia
  5. Tempat Terbit : Yogyakarta
  6. Tempat Pinjam : Smasa Coolibra
  • Lain-lain
  1. Tokoh : –
  2. Sinopsis : –
  3. Opini : –
  4. Amanat : –
  5. Catatan/Motivasi :

 

Membunuh Mimpi Besar Sejak Dini

Di negeri yang subur ini, penguasaan sumber daya alam mayoritas dikuasai pengusaha asing. Asing telah masuk ke hampir semua sektor kehidupan, dari hulu sampai hilir. Mengecam asing sebagai kekuatan setan kapitalis tidaklah menjawab tantangan ke depan. Makin dicaci makin terlihat kelemahan anak negeri ini dalam mengurus nikmat Allah. Lalu bagaimana solusinya?

Jawabnya mulailah dari MIMPI BESAR. Saat Theodor Herzl akan memulai proyek besarnya membangun negara di Palestina, ia memulainya dari membangkitkan mimpi anak-anak Yahudi untuk menjadi orang-orang kaya raya dan berpendidikan. Theodor Herzl memanfaatkan para rabi untuk membangkitkan MIMPI BESAR. Herzl sangat cerdik menembak pasarnya. Ia gunakan semangat keberagamaan untuk mewujudkan mimpinya. Puluhan tahun kemudian, MIMPI BESAR tersebut mulai nampak kasat mata. Para rabi bekerja sangat perfect, mereka menjadikan negara Israel seolah-olah adalah perintah Tuhan. Sekarang siapa yang tidak kenal Israel? Dalam komennya, Theodor mengatakan bahwa saat itu banyak temannya mengatakan itu mustahil.

Jika anak-anak negeri ini mempunyai MIMPI BESAR seperti Theodor Herzl, saya yakin negeri ini akan diisi oleh orang-orang besar yang akan memberikan kontribusi besar bagi negeri tercinta ini. Namun sayangnya, sejak kecil mimpi anak-anak negeri ini telah dibunuh.

Berapa banyak ceramah keagamaan yang menyarankan umat untuk hidup zuhud dalam arti salah kaprah. Sebagian ustadz mengatakan bahwa Muhammad adalah pemuda yang miskin. Padahal Muhammad muda memulai bisnisnya sejak belia. Muhammad menikah pada usia 25 tahun, dengan mahar 20 ekor unta. Jika 1 ekor unta berharta Rp 30 juta, berarti mahar Muhammad kepada Khadijah bernilai Rp 600 juta. Dalam ceramah pernikahan Muhammad dan Khadijah, Abu Thalib memberikan sambutan dengan kalimat kekaguman. Kekaguman bahwa ada anak muda yang telah sukses.

Apa yang dikatakan sebagian dari para ustadz telah membalikkan kebenaran sejarah. Mereka mengatakan Muhammad itu miskin. Jadilah sebagian ummat ini tidak terlalu bernafsu untuk meniru kesuksesan panutannya. Jika Muhammad muda pada usia 25 tahun telah memberikan mahar Rp 600 juta, maka anak-anak negeri ini pada usia 25 tahun baru menulis lamaran pekerjaan.

Saat menjadi Nabi, Muhammad mulai melepaskan kekayaannya. Ia banyak memberikan hartanya untuk membantu umat. Paling lama, Rasulullah menyimpan hartanya hanya 3 hari, setelah itu, banyak diberikan untuk membantu perekonomian orang-orang miskin. Namun jangan salah, setelah menjadi Nabi, sisa-sisa kekayaannya juga masih tampak, seperti unta dan keledai tunggangannya yang tercepat dan termahal. Rasulullah juga mempunyai baju bagus yang digunakan untuk menyambut tamu-tamu besar. Barangkali jika diibaratkan zaman sekarang, Rasulullah memakai mobil bagus seperti Jaguar atau Mercedes S Class, tapi bukan untuk menyombongkan diri. Pada zaman dulu dan sekarang, kendaraan dan penyampilan yang bagus menjadi daya tarik dalam interaksi sosial.

Jadi Nabi Muhammad SAW bukan miskin tapi zuhud. Perbedaannya sangat jelas, miskin itu dunia yang menjauhinya. Sedangkan orang zuhud itu, dunia yang mendekatinya, tapi tidak dihatinya, cukup ditangan. Orang zuhud itu orang kaya raya. Orang miskin tidak bisa disebut zuhud karena keadaannya memang sudah tidak menyenangkan.

Sahabat Rasulullah juga orang-orang kaya, jika tidak kaya mana mungkin pasukan Muslimin berani melawan kekuatan terbesar dunia pada waktu itu, Romawi dan Persia. Jika diibaratkan, dua kekuatan yang sangat besar itu adalah AS dan Uni Soviet. Jika diibaratkan dengan kondisi kekinian, negeri adikuasa itu bisa diibaratkan dengan AS dan RRC.

Para sahabat hidup dalam kesederhanaan. Namun mereka gemar bersedekah dan membantu saudara-saudaranya. Dalam sekali sedekahnya, Abdurrahman bin Auf memberikan lebih dari 500 kuda perang pilihan, jika satu kuda perang pilihan bernilai 50 juta, berarti Abdurrahman memberikan sedekah 25 milyar. Itu baru Abdurrahman, belum Utsman bin Affan, Umar bin Khattab, Abu Bakar, dll.

Sejak dini terjadi kesalahan dalam penceritaan sejarah. Sebetulnya ini adalah proyek dari penjajahan Belanda. Mereka menyewa sebagian kyai untuk membalikkan fakta bahwa Muhammad SAW dan para sahabat adalah orang miskin. Ini baru dari sisi keagamaan, belum dari sisi pendidikan formal. Saat seseorang memasuki pendidikan formal, sebagian besar waktunya dihabiskan di sekolah. Lagi-lagi pendidikan formal di Indonesia tidak mensupport para siswanya untuk menjadi pengusaha. Begitu lulus yang terpikirkan adalah menulis lamaran pekerjaan. Setiap tahun, Universitas di negeri ini menghasilkan pengangguran terdidik. Jumlahnya semakin membengkak.

Indonesia akan menjadi negera besar, jika tingkat kesejahteraan masyarakatnya semakin membaik. Negera yang besar adalah negara yang mampu membuat penghuninya bisa tersenyum dan tidak perlu memikirkan beban ekonomi, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok. Kita bisa memulai semuanya ini dari MIMPI BESAR. Jika bermimpi saja tidak berani, apalagi yang tersisa. (Akbar Kaelola – The Power of Mimpi).

  • Manfaat menjadi orang kaya:
  1. Lebih percaya diri
  2. Lebih dihargai orang
  3. Gak mudah emosi
  4. Banyak yang ngaku sodara
  5. Bisa makan enak di mana saja dan kapan saja
  6. Bisa haji atau umroh kapan saja
  7. Gak perlu mikir terlalu lama untuk beli sesuatu
  8. Gak perlu mikir lama kalau mau bantu orang
  9. Akses kesehatan dan pendidikan yang lebih besar
  10. Tidak mengutuk Tuhan (orang miskin dekat dengan kekufuran)
  11. Punya rumah yang lapang, kendaraan yang nyaman
  12. Rumah tangga lebih kokoh
  13. Hidup terasa begitu indah
  • Tips bisnis Chairul Tanjung
  1. Kerja Keras: tanpa kerja keras ini semua omong kosong. Modal utama pengusaha adalah jangan cengeng, jangan mudah menyerah.
  2. Kemampuan Entrepreneurship dan Manajerial: Anda semua akan dapat menggantikan saya apabila bekerja keras. Dan dibutuhkan kemampuan entrepreneur dan manajerial yang baik. Tidak lagi semata-mata modal.
  3. Kreatif: untuk menjadi pengusaha sukses, kita harus mampu menciptakan bisnis yang tidak biasa/unusual. Seperti AQUA dan Microsoft, sekarang siapa yang bisa menyaingi Microsoft. Begitu juga dengan AQUA, tidak ada!
  4. Networking: janganlah berteman dengan seseorang karena jabatannya, bisa jadi berteman dengan pemantar surat akan sangat berarti.
  5. Tawakkal: serahkan hasil kerja keras Anda kepada Tuhan.
  • The Power of Mimpi:
  1. Mau jadi pengusaha? Jangan cengeng! Totalitas tanpa batas!
  2. Bercita-citalah setinggi langit! Kreatif!
  3. Kecil-kecil jadi juragan! Kaya karena memberi!
  4. Karyawan yang jadi juragan! Mengawinkan bisnis dan politik!
  5. Sukses sekolah, sukses bisnis! Bagaimana memulai bisnis?
  6. Sukses tanpa ijazah! Tetap eksis sampai nanti!
  7. Pantang menyerah!
  • Tips bisnis Eka Tjipta Wijaya:
  1. Jangan menyerah.
  2. Berhati-hatilah menggunakan uang: jangan sampai besar pasak daripada tiang.
  3. Berbuat baiklah.
  • Tips bisnis Sandiaga Uno:
  1. Kerja keras: dalam menjalankan atau mengerjakan sesuatu, walaupun kita sudah bekerja sekeras apapun, apabila tidak fokus, maka hasilnya tidak akan bisa mencapai titik maksimal.
  2. Pantang menyerah: dunia usaha itu seperti belajar naik sepeda, yakni kerap jatuh bangun. Hanya keberanian, optimisme dalam memandang masa depan yang membuka jalan untuk mendulang kesuksesan.
  3. Networking: jagalah kepercayaan.
  4. Target: hidup harus punya target. Tanpa target, pencapaian akan sulit.
  • Rahasia sukses Mochtar Riyadi (CEO Lippo Bank, dll): bermimpi besar, networking, visioner, bekerja keras, pantang menyerah, hemat.
  • Tips bisnis Farah Gray (Juragan Syrup):
  1. Bermimpi besar: hidup ini cuma satu kali, dan setiap orang mempunyai impiannya sendiri, perjuangkanlah impianmu.
  2. Jangan pernah takut penolakan: bergaullah dengan banyak orang.
  3. Bangun suatu tim mentor terpilih.
  4. Raih setiap kesempatan.
  5. Ikut arus, tapi tetapkan tujuan Anda. Kebanyakan orang berkata: ayo kita ke mall, tapi Farrah berkata: ayo kita bangun mall!
  6. Siap gagal!
  7. Fokuskan waktu pada apa yang kita kuasai.
  8. Cintailah pelanggan Anda
  9. Jangan meremehkan kekuatan networking. Ikutlah dalam organisasi.
  • Tips bisnis Cameron Johnson:
  1. Lakukan upaya khusus, mulai dengan modal kecil, buatlah agar uang bekerja untuk Anda.
  2. Mencari ide hebat dari lingkungan terdekat.
  3. Seimbangkan pekerjaan dengan kehidupan.
  4. Bergaullah dengan orang hebat.
  5. Jadikan diri Anda sebagai merek.
  6. Jangan takut bernegosiasi dan ambil keputusan sendiri dengan tegas.
  7. Teruslah belajar dan banyak membaca peluang-peluang baru.
  • Rahasia Sukses Zhou Chengjian (CEO butik terbesar dan tersebar di seluruh China): bermimpi besar, kerja keras, mempekerjakan orang terbaik, terus maju, kreatif.
  • Tips bisnis Bob Sadino (CEO Kem Chick, Kem Food, Kem Farm):
  1. Menjaga hubungan baik
  2. Terus belajar
  3. Praktik
  4. Pahami resiko
  5. Percaya diri
  6. Belajar dari alam
  7. Modal pengusaha: tekad yang bulat; keberanian mengambil peluang. Ada sejuta peluang di luar sana, termasuk di dalam badan kita sendiri; jangan cengeng dan harus tahan banting.
  8. Bagaimana menggarap pasar: menjadi yang pertama; menjadi yang terbaik; menjadi yang berbeda.
  • Tips bisnis Leanna Archer:

”Kepuasan konsumen adalah prioritas dan motivasi terbesar bagiku”. Mengenai kiat menghadapi krisis ekonomi, dia berkata untuk tetap menjadi orang yang positif dan optimis: ”Jika kamu tetap memiliki tekad yang kuat, terus maju, dan benar-benar bekerja keras, semuanya akan baik-baik saja.”

  • Rahasia Sukses William Soeryadjaya (PT Astra Internasional):
  1. Bermimpi besar
  2. Masuk pada bisnis yang tepat
  3. Care terhadap karyawan
  4. Dermawan
  5. Kerja keras
  6. Menjaga hubungan baik
  • Tips bisnis Richard Branson:
  1. Mandiri: apabila Anda ingin susu, jangan duduk di kursi di tengah padang dengan harapan ada induk sapi datang memberikan ASI-nya.
  2. Kerjakan saja: apabila Anda tidak mempunyai pengalaman atau uang, kerjakan saja, nanti juga ketemu jalannya.
  3. Bersenang-senanglah: bersenang-senanglah dalam kehidupan pribadi Anda, maka Anda akan lebih bahagia dan menikmati hidup Anda, dan akhirnya pekerjaan Anda juga.
  4. Menjadi pemberani: andai Anda memilih hidup yang aman, Anda tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya meraih kemenangan.
  5. Tantang diri sendiri
  6. Hargai teman dan keluarga: dahulukan keluarga dan kelompok setia. Karena mereka adalah kekuatan Anda dalam bisnis.
  7. Bersikap hormat: hormat adalah sikap yang harus kita berikan kepada siapapun, tidak hanya kepada orang yang ingin Anda buat terkesan.
  8. Berderma: uang dapat digunakan untuk berbuat baik. Jika Anda ingin usaha Anda maju, maka berbagilah dengan sesama. Jika Anda baik dengan sesama, maka Allah pun akan memberikan lebih banyak lagi.
  • Tips bisnis Soichiro Honda:
  1. Pantang menyerah: orang melihat kesuksesan saya hanya 1 persen. Tapi meeka tidak melihat 99% kegagalan saya. Ketika Anda mengalami kegagalan, mulailah bersimpi, mimpikanlah mimpi baru.
  2. Melakukan yang terbaik: enak juga ada perusahaan-perusahaan besar yang kerjanya hanya memikirkan untung besar saja. Akibatnya perusahaan seperti Honda mendapat kesempatan untuk membuat barang yang baik.
  • Tips bisnis Thomas Alva Edison:
  1. Pantang menyerah: saya sukses karena saya telah kehabisan apa yang disebut dengan kegagalan.
  2. Berpikir positif: dengan kegagalan tersebut, saya malah mengetahui ribuan cara agar lampu tidak menyala.
  3. Kerja keras: jenius adalah 99% kerja keras.
  • Tips bisnis Steve Jobs:
  1. Carilah sesuatu yang benar-benar Anda sukai untuk dikerjakan. Bila belum menemukannya, tetaplah mencari. Karena ia ibarat percintaan, hati Anda akan mengatakan ”ya” saat menemukannya.
  2. Tidak ada kebahagiaan dalam bekerja selain melakukan pekerjaan yang benar-benar dicintai.
  3. Ibaratkanlah hari ini seperti hari terakhirmu hidup di muka bumi, dan lihatlah begitu banyak energi positif yang muncul dan Anda lakukan.
  • Rahasia Sukses Howard Schultz (juragan starbuk):
  1. Asuransi karyawan.
  2. Kualitas terbaik.
  3. Lokasi premium.
  4. Promosi mulut ke mulut.
  5. Bukan hanya kopi: tidak hanya menawarkan kopi hitam, Starbucks juga menawarkan beragam minuman manis.
  • Tips bisnis Warren Buffet:
  1. Hindarilah kartu kredit dan berinvestasilah untuk diri Anda sendiri.
  2. Uang tidak menciptakan orang tetapi oranglah yang menciptakan uang.
  3. Hiduplah secara sederhana.
  4. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkanlah mereka, namun lakukan apa yang menurut Anda baik.
  5. Jangan memaksakan diri untuk memiliki barang-barang bermerek. Pakailah apa yang sekiranya apa yang nyaman bagi Anda.
  6. Jangan memboroskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Gunakanlah uang untuk membantu mereka yang kekurangan.
  7. Biar bagaimana pun orang lain tetap tidak dapat mengatur hidup Anda. Andalah yang mengendalikan hidup Anda sepenuhnya.
  • Rahasia Sukses Arifin Pagigoro
  1. Bermimpi besar
  2. Pantang menyerah
  3. Memperbanyak teman dari segala lapisan: sejuta kawan masih kurang, satu musuh jangan.
  4. Gemar berderma
  • Rahasia sukses Robert Kuok (Raja Gula Malaysia):
  1. Bermimpi besar
  2. Networking
  3. Menjaga hubungan baik
  • Kata-kata motivasi:
  • Tidak ada pelaut ulung yang dilahirkan dari samudera yang tenang, tapi ia akan dilahirkan dari samudera yang penuh terpaan badai, gelombang dan topan. (D.Farhan Aulawi).
  • Bercita-citalah setinggi langit, karena kalaupun engkau jatuh, engkau masih duduk di antara bintang-bintang. (Anonim).
  • Banyak hal yang bisa diselesaikan dalam satu hari. Sayangnya, hari itu kita perlakukan sebagai hari esok! Jangan suka menunda, lakukan sekarang juga! (Anonim).
  • Manusia dapat hidup 40 hari tanpa makan, sekitar 3 hari tanpa air, sekitar 8 menit tanpa udara. Tapi hanya 1 detik jika tanpa harapan. (Hal Lindsey).
  • Semua mimpi akan menjadi kenyataan bila kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. (Walt Disney).
  • Visi tanpa aksi seperti mimpi di siang bolong. Aksi tanpa visi adalah mimpi buruk. (Peribahasa Jepang).
  • Ketika muda, tidak ada hutang, tidak ada pacar, dan kalau gagal bisa mencoba terus. (Richard Branson).
  • Sukses itu sulit, tapi lebih sulit lagi kalau tidak sukses. (Akbar Kaelola).
  • Jika Anda dapat memimpikannya, maka Anda akan dapat melakukannya. (Walt Disney).
  • Ketika pandangan kiri-kanan Anda terhalang oleh tembok, jangan menyerah, Anda masih bisa memandang ke atas. (John C. Maxwell).
  • Yang penting bukanlah berapa kali aku gagal, tapi yang penting adalah berapa kali aku bangkit dari kegagalan. (Abraham Lincoln).
  • Jangan katakan seberapa kerasnya Anda bekerja, tetapi katakan sudah berapa banyak yang Anda kerjakan. (James J.Ling).
  • Jika orang-orang berjalan ke kanan, maka berbeloklah kamu ke kiri. (Film Dead Poets Society).
  • Tuhan memberikan rezeqi kepada kita lewat hamba-Nya. Jika ingin mendapat rezeqi yang sangat banyak, baiklah kepada sebanyak mungkin hamba-Nya. (Akbar Kaelola).
  • Sejuta teman masih kurang, satu musuh jangan! (Arifin Panigoro).
  • Perbedaan semangat dengan tergesa-gesa amat tipis. Semangat memiliki rencana, tergesa-gesa tidak. (Satria Hadi Lubis, Trainer dan Motivator).
  • Kalau semangat mendorongmu, biarkan alasan memegang kendali. (Benjamin Franklin).
  • In business, by the time you realize you’re in trouble, it’s too late to save yourself. Unless you’re running scared all the time, you’re gone. (Bill Gates).
  • BAGAIMANA MEMULAI BISNIS

Ada beberapa prinsip umum yang bisa menjadi pertimbangan:

  1. Menentukan mau bisnis apa? (ide bisnis didapatkan dengan cara: membaca buku, blog, atau majalah; networking; jalan-jalan) Tolok ukur kelayakan agar bisa menggunakan pertimbangan seperti: berorientasi pada hasil bukan pada resiko; bertanyalah pada diri, apakah Anda menyukainya; shalat istikharah.
  2. Bagaimana memulainya? (bisa dipetakan dalam: buat produk sendiri; menjual produk orang; menjadi broker).
  3. Bagaimana agar untung? (pahami bisnis; masuk ke bisnis yang tepat; bekerjasama dengan yang terbaik; evaluasi).
  4. Sikap mental? (efektif; berevolusi; sabar: jangan berharap menjadi pengusaha besar jika tidak sabar. Sabar dalam proses berbisnis berarti terus berproses dalam masa-masa sulit. Tidak ada kesuksesan yang diraih dalam semalam. Jika Anda ingin melihat pelangi, Anda harus menunggu hujan. Seperti itulah gambaran orang yang ingin menjadi pengusaha besar. Harus sabar. Serahkan hasilnya pada Allah).
  5. Tips berbisnis dengan teman: pahami karakternya; tentukan aturan main; tegas).
  • TETAP EKSIS SAMPAI NANTI
  1. Semua ada ilmunya (belajarlah dari yang terbaik untuk menjadi yang terbaik pula. Ilmu bisnis bisa didapat dari pengalaman, curhat terhadap teman atau senior, baca buku, majalah, blog. Carilah mentor dan bergaullah dengan yang lebih senior).
  2. Bermimpi besar (jika otak kita isi isi dengan hal-hal yang kecil, maka ia tidak akan pernah sanggup diisi oleh ide-ide besar. Fikirkanlah ide-ide besar, maka hal yang kecil akan termuat dengan sendirinya).
  3. Teruslah berlari ( Di Afrika, semua rusa bangun di pagi hari dengan satu kesadaran, bahwa jika mereka tidak berlari lebih kencang dari singa, maka mereka akan mati dimakan. Di Afrika, semua singa bangun di pagi hari dengan satu kesadaran, bahwa jika mereka tidak berlari lebih cepat dari rusa, maka mereka akan mati kelaparan).
  4. Networking (janganlah berteman dengan seseorang hanya karena jabatannya, dalam bisnis Anda harus baik dengan semua orang. Berteman dengan pengantar surat bisa sangat berguna. Chairul Tanjung).
  5. Berbuat baik (aku menjadi orang kaya raya, karena pada waktu aku berderma tanganku sampai bergetar – karena saking besarnya jumlah yang diberikan. John D. Rockefeller).

Lakukan sekarang juga (orang yang menunda bekerja keras berarti ia menunda kesuksesannya. Kegagalan itu sejatinya pada pada prosesnya karena menunda pekerjaan sejatinya menunda kesuksesan. Seseorang tidak tahu kapan ia akan sukses, tapi ia tahu bahwa menunda pekerjaan membuatnya tertunda dari sukses. Anda tidak akan pernah tahu kapan kesuksesan itu datang kepada Anda sebelum Anda menikmatinya. Bekerja sekeras apapun jika Anda belum menemukan momentum yang tepat maka kesuksesan tersebut tetap belum dapat Anda raih. Namun ada satu hal yang akan Anda dapat jika Anda menunda melakukan sesuatu tanpa alasan yang logis, yaitu Anda jelas-jelas akan menunda jalan kesuksesan Anda sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RODA HUKUM

Tiada KEBENARAN selain KEBENARAN itu sendiri.

Erlan Agusrijaya

Strive to do the best as a muslim teacher

itateanese

ketika: ide lahir, inspirasi hadir

hidup untuk hidup dalam hidup

adalah aku yang hidup dalam ku

GIRL IN THE POT

Walk . Write . Whatever

Purwatiwidiastuti's Blog

Mari nikmati indahnya berbagi

SanG BaYAnG

Ungkapan Jiwa Dalam Kata Yang Berbeda

Catatan Anak Hulondalo

Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya...!!!

Hasna Azura

Dreaming is not enough, you must do!

bintangrina

Forum olah-rasa batin dan rasa (For bara)

Ishtar

Nothingness

riwewijaya

Just another WordPress.com site

AngananTyas Blog

karena aku bukan anak raja, bukan pangeran berkuda, bukan pula dewa, maka akan kubingkai kata kata, hingga ku dikenang dunia

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: